Pondok Pesantren Tahfizhul Qur'an Al-Husna
Berita  

Dosen IBN Narasumber IPWK Di Pondok Pesantren Al-Husna Rajawali

Sumaterapost.co | Pringsewu – Sosialisasi Ideologi Pancasila Dan Wawasan Kebangsaan (IPWK) yang digelar oleh Drs. FX. Siman, Anggota DPRD Provinsi Lampung, dari Fraksi Golkar, Sabtu, (3/9) di Pondok Pesantren Al-Husna Bukit Rajawali Pekon Podomoro, Pringsewu, menghadirkan dua narasumber dari Perguruan Tinggi Institut Teknologi & Bisnis Bakti Nusantara (IBN) yaitu Andreas Andoyo.S.Sos., M.T.I dan Sudewi,S.E., M.M

Sosialisasi IPWK di buka oleh Drs. FX. Siman anggota DPRD Propinsi Lampung, dihadiri Kepala Kesbangpol Kabupaten Pringsewu, Sukarman, camat Pringsewu, anggota Polres Pringsewu, Babinsa serta kepala Pekon Podomoro, dengan peserta perwakilan Pengasuh Pondok Pesantren se Kabupaten Pringsewu, serta santriawan dan santriawati Pondok Pesantren Al – Husna Bukit Rajawali, Pringsewu pimpinan Dr. KH.Abdul Hamid.

Narasumber pertama Andreas Andoyo.S.Sos.M.T.I yang juga sebagai sekretaris DPP IARMI Propinsi Lampung, dalam pengantarnya memperkenalkan sosok Drs. FX. Siman yang merupakan anggota DPRD dari segala jaman, dari Pringsewu ibukotanya saat itu di Kalianda Lampung Selatan anggota DPRD Lampung Selatan, mekar menjadi Tanggamus dipilh rakyat menjadi anggota DPRD Tanggamus, dan saat Pringsewu menjadi daerah Otonom Kabupaten Pringsewu, dipilih rakyat menjadi anggota DPRD Kabupaten Pringsewu, hingga menjadi anggota DPRD Provinsi Lampung dua periode.

Setelah memperkenalkan Drs. FX. Siman, Narasumber pertama mengupas tentang 4 pilar kebangsaan, yaitu Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUDNRI Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara Serta Ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara.Pada forum sosialisasi tersebut, para peserta kemudian dibentuk kelompok untuk diskusi atau musyawarah, sebagai implementasi sila ke-4.

Dalam diskusi kelompok, narasumber melontarkan pertanyaan, diantaranya pandangan para peserta terhadap Indonesia, ancaman dan tantangan Kebangsaan, serta contoh dalam kehidupan sehari-hari nilai-nilai yang terkandung dalam butir-butir Pancasila

Dari hasil diskusi kemudian masing-masing kelompok mepresentasikan, diakhiri dengan yel-yel perkelompok.

Sementara Narasumber ke dua Sudewi.S.E.,M.M dosen IBN yang juga pernah menjadi anggota DPRD Tanggamus dan Pringsewu, mempertegas dan mengupas hasil diskusi kelompok.

Sementara itu Pengasuh Pondok Pesantren Al – Husna Bukit Rajawali Podomoro Pringsewu, Dr. KH. Abdul Hamid, mengatakan, terimakasih atas kehadiran Drs. FX. Siman anggota DPRD Pringsewu, yang hadrir ke Pondok Pesantren guna mensosialisasikan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

“Semoga materi yang diberikan dapat menambah ilmu dan mempertebal nilai-nilai Kebangsaan,”harap Dr. KH. Abdul Hamid.

Mulai Chat
1
Butuh bantuan? Hubungi kami
PPTQ Al-Husna
Assalamualaikum wr.wb.
Selamat datang di PPTQ Al-Husna
Ada yang bisa kami bantu?
Jangan lupa Simpan nomor ini supaya kamu makin mudah mendapat informasi dari kami.